Monday, November 26, 2018

Investasi Pendidikan Anak

Investasi Pendidikan Anak

Pendidikan adalah salah aspek penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan membedakan manusia dari makhluk lainnya di muka bumi. Begitupun dalam kehidupan modern seperti sekarang, pendidikan adalah salah satu investasi terbesar manusia. Bukan tanah, mobil atau rumah. Di tengah kehidupan yang bergerak sangat cepat di era informasi seperti sekarang ini, pondasi pendidikan yang kuat memungkinkan seseorang untuk menyesuaikan diri dalam lingkungan yang cepat berubah tersebut.



Bagi orang tua yang mempunyai anak, menyiapkan masa depan mereka bisa dilakukan dengan banyak hal. Beberapa diantaranya adalah memberikan sandang pangan yang layak. Gizi yang baik akan mendukung perkembangan jasmani dan otak mereka dengan maksimal. Keamanan psikologis juga menjamin kewarasan dan kedewasaan anak hingga umur yang dibutuhkan. Dan salah satu aspek yang paling penting menurut penulis adalah pendidikan.

Pendidikan untuk sebuah negara maju menjadi bagian penting kemajuan bangsa dan kehidupan bernegara. Alokasi dana untuk pendidikan di negara maju sangat besar, kualitas pembelajaran dan juga kualitas guru selalu dipantau dan dievaluasi setiap saat. Maka tidak heran, negara-negara maju, mereka selalu tersedia SDM yang berkualitas untuk membangun industri-industri canggih yang mereka perlukan.

Bagi Anda yang sadar akan fakta ini, mungkin dari sekarang tidak ada salah kalau kita mengambil banyak pelajaran dari negara-negara maju untuk masa depan anak kita. Memberikan mereka pendidikan yang berkualitas adalah salah satu jaminan masa depan mereka. 

Apa sih pendidikan berkualitas itu? Pendidikan yang berkualitas adalah pendidikan yang sesuai dengan bakat alami anak. Misalkan seorang anak berbakat dalam bidang pelajaran matematika, mereka difokuskan untuk meningkatkan kemampuan mereka secara maksimal dalam bidang matematika. Atau ada anak yang berbakat dalam bidang olahraga, mereka fokus mengembangkan bakat mereka dalam bidang olahraga yang mereka senangi. 

Sangat berbahaya sekali memaksakan anak pada bidang yang bukan bakat alami mereka. Mungkin dalam tingkatan tertentu, tapi hasilnya akan jauh dari memuaskan. Bahkan yang paling parah, anak merasa tertekan dan tidak bisa menikmati masa hidup mereka karena dipaksa menjalani hidup yang tidak sesuai dengan keinginan mereka. 

Apa yang banyak kita temukan dalam realita dunia pendidikan kita adalah menganggap semua anak sama dalam kemampuan menyerap pelajaran. Anak yang tidak punya bakat matematika harus bisa matematika, anak yang tidak berbakat bahasa, dipaksa untuk bisa berbahasa, anak yang sudak praktek langsung dipaksa hanya membaca teori. Maka hasil yang kita dapatkan adalah, banyak anak yang terbengkelai kemampuan alamiahnya karena dipaksa lingkungan untuk menjalani pendidikan yang bukan fitrah kemampuan mereka.

Saran kami sebagai penulis, penting sekali bagi orang tua untuk menganali bakat dasar anak-anak mereka. Setelah ketemu anak kecerdasannya pada bidang apa, orang tua tinggal memikirkan cara terbaik untuk menggali kecerdasan tersebut. Caranya bermacam-macam, mengikutkan mereka kursus, memasukkan mereka pada klub yang sesuai dengan bakat mereka, memberikan fasilitas penunjang untuk pengambangan bakat mereka dan memberikan mereka kebebasan mengembangkan bakat tersebut.

Begitulah saran untuk orang tua yang ingin masa depan anak mereka cerah dalam menjalani kehidupan. Berikan mereka penddikan terbaik, itulah investasi Anda pada kehidupan mereka. Bukan menyediakan mereka materi yang berlimpah tapi ota mereka kosong. Keberhasilan materi hanya salah satu variabel saja dari kesuksesan, bagaimana anak menjalani kehidupan yang bahagia dan nyaman dengan aktivitas mereka lebih penting lagi.

Dan terakhir, yang tidak kalah penting adalah, sebagai orang tua jangan pernah berhenti untuk belajar. Dunia berubah cepat, salah satu cara memahaminya adalah dengan ikut belajar perubahan yang terjadi setiap saat itu. Begitu akan membuat kita survive di kehidupan penuh kompetisi ini. 




No comments:

Post a Comment

Investasi Pendidikan Anak

Investasi Pendidikan Anak Pendidikan adalah salah aspek penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan membedakan manusia dari makhluk lain...